Pengertian dan Macam-Macam Operating System Pada Komputer

DOS (Disk Operating System)
DOS atau sistem operasi disket adalah sistem pengoperasian komputer yang diatur dari disket. Secara umum disket yang berisi sistem operasi disebut DOS. DOS merupakan sistem operasi pertama microsof yang digunakan pada komputer-komputer versi lama. DOS merupakan sistem operasi dasar windows sekarang ini. Mungkin sekarang ini jarang sekali orang menggunakan DOS bahkan sudah tidak ada lagi yang memakainya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows. DOS berbasis CUI (Character User Interface) sedangkan windows berbasis GUI(Graphical User Interface) yang lebih mudah dan lebih baik.
 
Windows
Windows adalah salah satu sistem operasi andalan Microsoft yang banyak dipakai saat ini, karena mempunyai banyak feature yang mampu memanjakan pemakainya dengan kata lain semakin tinggi versi dari windows semakin banyak fasilitas kemudahan yang ditawarkan. Perkembangan sistem operasi windows dimulai dari windows 1.0, windows versi 3, windows 95, windows 97, windows 98, windows 2000, windows xp dan terakhir windows vista. OS buatan Microsoft Corp. ini memiliki user interface yang mudah dimengerti dan dukungan software yang luas. Banyak produsen hardware menyarankan memakai OS ini. OS ini mempunyai kelemahan yaitu VIRUS nya yang bermilyar-milyar jenisnya. Serta harga yang mahal banget.
 
 
 
Macintosh
Mac OS singkatan dari Macintosh Operating System yaitu suatu sistem operasi yang diproduksi oleh Apple Computer Inc. Mac OS adalah nama resmi sistem operasi Macintosh. Sistem operasi Mac OS dibuat khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer lain yang berbasis IBM. Mac OS X lebih cocok untuk mereka karena mempunyai desain yang sangat intuitif. Mereka dapat langsung menggunakannya tanpa harus banyak berpikir. Mac OS menyertakan banyak hal yang sebenarnya tidak diperlukan untuk menjalankan sebuah server internet, serta hanya dapat berjalan pada hardware Apple. Sehingga, untuk kerperluan server murah dan powerfull, Mac OS tidak direkomendasikan. Meskipun, anda tidak dapat melihat source code GUI interface Mac OS, anda tetap dapat melihat source code BSD yang ada didalamnya. Apple telah me-releasenya dengan nama kode Darwin. 
 
Linux
Linux adalah sistem operasi komputer yang bersifat open source yang disebarkan secara luas dengan gratis dibawah lisensi General Public License (GPL), yang berarti source code linux tersedia. Inilah yang membuat linux sangat special karena masih dikembangkan oleh kelompok-kelompok tanpa dibayar yang banyak dijumpai di internet. Mereka tukar kode, membenahi masalah yang ada. Setiap orang yang tertarik dengan linux dapat memakai dan mengembangkannya.



Unix
        UNIX lain adalah IRIX (Silicon Graphics), sebuah applikasi grafis UNIX yang terkenal, serta HP−UX (Hewlett−Packard), yang populer dikalangan enterprise besar. Banyak paket software high-end seperti informix, mendesain khusus aplikasi pada platform HP-UX. Anda juga akan menemui pesaing lain seperti SCO dan UnixWare. Mereka juga UNIX namun tidak sepopuler seperti lainnya. Masih ada lagi UNIX lain seperti: A/UX (Apple), SINIX (Siemens UNIX) dan Xenix (Microsoft). Ya, microsoft adalah vendor UNIX bertahun-tahun yang lalu. Xenix kemudian dijual ke SCO dan menjadi SCO UNIX. 

AIX
      Salah satu pasaing UNIX adalah IBM AIX. AIX mengklaim mempunyai journaling filesystem terbaik, mampu mencatat seluruh disk transaction yang terjadi, sehingga mampu me-recover system tanpa banyak masalah kemampuan ini meningkatkan reliability. AIX juga berbasis BSD. 

Sun Solaris 
       Solaris adalah salah satu UNIX yang paling dikenal dunia. Solaris dibuat oleh Sun Microsystem. Solaris berjalah pada high−end hardware yang dapat mendukung puluhan processor, GB RAM, serta harddisk. Ia banyak digunakan sebagai platform oleh aplikasi enterprise, seperti Oracle. Solaris didesain untuk berjalan pada processor SPARC yang diproduksi oleh SUN. Karena SUN mengontrol sendiri hardware dan software, mereka dapat mengembangkan system dengan fitur2 menarik, seperti, hot-swappable RAM, mainboard, harddisk, CPU.

BSD OS (Open BSD)
      OpenBSD adalah cabang dari NetBSD sejak tahun 1996, tujuan utama adalah membuat OS BSD yang paling aman. OpenBSD adalah BSD yang pertama kali men-support hardware−accelerated cryptography (membolehkan untuk men-encrypt dan decrypt informasi pada waktu yang singkat), para developernya sangat bangga karena faktanya, default instalasi OpenBSD tidak dapat di-hack selama 4 tahun!!
Para OpenBSD mania telah meng-audit seluruh code OpenBSD, memperbaiki lubang-lubang security yang mungkin dapat diexploitasi. Namun, dari sisi user-friendly, OpenBSD tidak
  
GNU Linux
       Sistem operasi yang didasarkan pada Open Source (Bebas Milik). Sistem Operasi ini diperkenalkan oleh Linus Torvald dan berkembang sedemikian cepatnya sehingga hampir bisa melampaui jumlah pengguna Windows di dunia. Memiliki banyak jenis Desktop seperti KDE, Gnome, XFCE dst. Juga banyak jenisnya seperti UBUNTU, MANDRIVA, DEBIAN, GOOGLE OS dst. 

Referensi : Fajar Ardyanto

1 komentar:

Unknown mengatakan...

sangat bermanfaat,, di tambah lagi donk infonya. :D

Posting Komentar