Dasar Pemrograman Java Dan Cara Menginstall Java

      Untuk memperaktekannya langsung. Sebelum menginstal Java, kita membutuhkan JDK (Java Development Kit). JDK merupakan perlengkapan yang mendasar dalam

pengembangan aplikasi dengan Java. Dua program utama yang disediakan dalam JDK

adalah :

• javac, yaitu program untuk meng-compile kode sumber

• java, yaitu program untuk meluncurkan aplikasi

  Cara menginstal JDK tidaklah sulit bagi pemula seperti kita.Tapi kita perlu beberapa penyesuaian dengan system operasi. Yang perlu di lakukan adalah memasukan path ke direktori JDK, ke setting path pada system operasi. Contohnya C:\jdk1.4

·         pada Windows 98 cukup dengan menambah baris perintah SET PATH=C:\jdk1.4\bin pada file autoexec.bat.

·         Untuk Windows NT/2000/XP kita cukup menambahkan direktori C:\jdk1.4\bin .pada variable path di system Environment. Caranya : Klik kana ikon My Computer, pilih Propeties. Kemudian pilih tab Advanced, lalu kilk tombol Environment variables, cari variable path, kemudian tambahkan path direktori JDK kita kedalam variable tersebut.

·         Untuk Linux, tambahkan baris perintah SET CLASSPATH= (direktori jdk kita) ke file profile kita.

Untuk meng-install Java Development Kit kita harus menjalankannya. Caranya kita perlu mengubah mode dari installation file agar dapat di-execute.Cintohnya di Linux, installation file yang kita download bernama j2sdk-1_3_1_01-linux-i386.bin. Untuk menjalankanya, melalui console :

$ ./j2sdk-1_3_1_01-linux-i386.bin

Selanjutnya,kita akan mendapatkan license dari Sun Microsystems, Inc.lalu ditanyakan apakah setuju atau tidak. Jika  setuju, maka proses installation dilanjutkan.kemudian installation file akan meng-extract file-file JDK ke dalam sebuah sub directory baru. Misal kita  menjalankan j2sdk-1_3_1_01-linux-i386.bin dari directory /home/lab maka sebuah directory jdk1.3.1_01 akan dibuat dan di directory inilah file-file JDK berada.

Unpacking...

    Checksumming...

    0

    0

    Extracting...

    UnZipSFX 5.40 of 28 November 1998, by Info-ZIP (Zip-Bugs@lists.wku.edu).

    creating: jdk1.3.1_01/

    creating: jdk1.3.1_01/jre/

    creating: jdk1.3.1_01/jre/bin/

    creating: jdk1.3.1_01/jre/bin/i386/

    creating: jdk1.3.1_01/jre/bin/i386/green_threads/

    inflating: jdk1.3.1_01/jre/bin/i386/green_threads/java

akhirnya :

    inflating: jdk1.3.1_01/man/ja_JP.eucJP/man1/native2ascii.1

    inflating: jdk1.3.1_01/man/ja_JP.eucJP/man1/rmic.1

    inflating: jdk1.3.1_01/man/ja_JP.eucJP/man1/serialver.1

    Done.

Proses instalasi selesai


Untuk mencoba JDK, ketiklah perintah java dan javac pada sell prompt (Dos Command Prompt). Jika perintanya sudah di kenali maka program java atau Javac akan menampilkan sintaks pengguna. Untuk kemudahan dan berbagai fasilitas tambahan kita bisa menggunakan Integrated Development Environment (IDE) untuk bahasa Java seperti Visual Café dari Symantec atau JBuilder dari Borland.

 Langkah-langkah membuat program Java sederhana.

1.      Membuat source code program dengan editor teks apapun. Ingat, file tersebut harus berekstensi. Java dan case sensitive (huruf besar dan kecil di bedakan).

2.      Mengkompile source code dengan perintah javac. Misalnya : javac HelloWorld.java. Jika berhasil , hasilnya adalah file bytecode  berakhiran .class.

3.       Mengeksekusi bytecode dengan perintah java. Parameter dari perintah ini adalah nama file hasil kompilasi tanpa ekstensi .class. Contoh : java HelloWorld.

Pengenalan Java

Source Code

Berikut  kode untuk HelloWorld.java :

          

    Public class HelloWorld

    {

                Public static void main (String [] args)

                {

                            System.out.println(“Apa Kabar Dunia?”);

                }

    }


Ingat…!!!!! Bahasa java bersifat Case Sensitif, jadi kita harus memperhatikan penggunaan huruf besar dan kecil. Selain itu pada penulisan Source Code program tidak perlu memperhatikan bentuk tertentu,sehingga kita bisa menulis semua baris source Code dalam satu baris. Tapi, kita jangan lupa tanda titik koma (;),atau menulis tiap kata dalam satu baris tersendiri.namun jika ingin mudah di baca dan dimengerti sebaiknya kita mengikuti layout pada contoh diatas.

Kompilasi

            Setelah itu save syntax tersebut dengan nama HelloWorld.java (sesuai dengan nama class). Kemudian kita akan meng-compile syntax program tersebut dengan perintah :

    prompt> javac HelloWorld.java

Sintaks Program

disini kita akan membahas elemen-elemen dalam Source Code.

·         public class artinya pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas ini di gunakan untuk menciptakan objek. Ingat, bahwa java berorientasi Objek. Kata public berfungsi agar kelas dapat di akses oleh semua program lain. Untuk saat ini anggaplah objek sebagai suatu item yang dapat dimanipulasi oleh sebuah program.

·         public static void main(string[] args) artinya pernyataan pembuka sebuah metode. Metode adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu dalam kelas.  Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program dieksekusi. Kata public mempunyai fungsi yang sama dengan kata public yang ada pada baris kelas. Tapi pada pembahasan selanjutnya kita akan menemukan bentuk lain seperti : private dan protect.

·         Static artinya pernyataan pembuka metode main. Berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut. Sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terkait dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu string[] args, dimana args adalah sebuah nama dari objek array dari string. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argument command line.

·         Pernyataan, kita tentu dapat meletakan lebih dari satu pernyataan dalam sebuah metode. Setiap pernyataan dalam sebuah metode dipisahkan oleh titik koma (;) dan akan dieksekusi satu persatu. Kedua pernyataan pada listing ternyata memanggil sebuah metode lain yaitu metode println. Untuk memanggil sebuah metode diperlukan 3 komponen yaitu :

1.      Objek yang ingin kita pakai. Dalam hal ini objek system.out

2.      Nama metode yang ingin kita pakai. Dalam hal ini println

3.      Sepasang tanda kurung ( ) yang berisi informasi tambahan yang diperlukan oleh metode yang dipanggil, yaitu parameter.

Pernyataan system.out.println(“Apa Kabar Dunia?”); berarti carilah objek out dalam kelas system kemudian panggil metode println dari objek dengan parameter berupa string “Apa Kabar Dunia?”.

Eksekusi

            Setelah tahu fungsi-fungsi sintak java, selanjutnya kita akan mengeksekusi program ini. Untuk mengeksekusinya kita tinggal mengetikan perintah java HelloWorld pada prompt dan pesan Apa Kabar Dunia? Akan tampil dilayar.

    prompt> java Helloworld


Tipe Data Primitive dan String

Pada Java, terdapat tipe data sederhana dan tipe data array. Tipe data sederhana terdiri dari : tipe Boolean, dan tipe data numeric terdiri dari byte, short ,int, long, char, float dan double. Boolean adalah tipe data untuk besaran logika, hanya memiliki dua kemungkinan nilai, true atau false.

Tipe data numeric


Data Type
Size/Format
Range
Byte
8-bit
-128 to +127 if signed(-27 to 27-1) 0 to 255 if unsigned
Short
16-bit
-32768 to +32768 (-215 to 215-1)
Int
32-bit
-231 to 231-1
Long
64-bit
-263 to 263-1
Float
32-bit
+/- about 231
Double
64-bit
+/- about 263
Char
16-bit
Sebuah karakter
boolean
1-bit
Nilai Boolean (true dan False)


Selain adanya variable-variable di atas, java API juga menyediakan kelas-kelas untuk tipe-tipe variable tersebut, yaitu Byte, Short, Integer, Long, Character, Float, Double. Kelas-kelas ini secara default di-impor saat kompilasi, namun dapat juga secara eksplisit di-impor dari package java.lang.

Java menyediakan String untuk menampung data lebih dari satu karakter. Sebetulnya String bukan tipe data, melainkan objek yang berisi kumpulan karakter (Char). Penggunaan String, tidak beda dengan penggunaan tipe data yang lain.

Array adalah kumpulan variable dengan tipe sejenis dengan nama yang sama. Pada java Array mempunyai pengertian yang kurang lebih sama dengan array pada bahasa pemrograman pada umumnya.

Contoh pendeklarasian dari variable dengan tipe “array of int” :

            Int vektor [];

index array dimulai dari 0 (nol). Contoh berikut untuk mengalokasikan 5 buah integer ke dalam array :

            vektor = new int [5];

selanjutnya untuk mengisi elemen-elemen array adalah sebagai berikut :

            vektor[0] = 4;

            vektor[1] = 3;

            vektor[2] = 7;

            vektor[3] = 5;

            vektor[4] = 4;

cara yang lebih singkatnya adalah :

            int vektor[] = {4,3,7,5,4};


Operator dalam Java

Java mempunyai 44 operator, yang terbagi delam 4 jenis dasar. Yaitu : Operator Aritmetik, Bitwise, Relasi dan Logika.

1.      Operator Aritmatik

·         Digunakan untuk proses matematis (aljabar),

·         berupa tipe numeric,

·         tidak dapat digunakan untuk tipe Boolean, tapi dapat digunakan untuk tipe Char, karena Char adalah anggota himpunan int.

Operator
Artinya
+
Penjumlahan
+=
Persamaan Penjumlahan
-
Pengurangan (juga untuk Unary Minus)
-=
Persamaan Pengurangan
*
Perkalian
*=
Persamaan Perkalian
/
Pembagian
/=
Persamaan Pembagian
%
Modulus (sisa Pembagian)
%=
Persamaan Modulus
++
Penambahan
--
Pengurangan

2.      Operator Bitwise
Tipe numeric integer, long, int, short, char, dan byte mempunyai kumpulan operator tambahan yang sama yang dapat memodifikasi dan memeriksa bit-bit yang menyusun nilainya.



Operator
Artinya
~
Unary NOT
&
AND
|
OR
^
Exclusive OR
>> 
Shift Kanan
>>> 
Shift Kanan. Isi dengan Nol
<< 
Shift Kiri
&=
Pernyataan AND
|=
Pernyataan OR
^=
Pernyataan Exclusive Or
>>=
Pernyataan shift Kanan
>>>=
Pernyataan shift kanan, isi dengan nol
<<=
Pernyataan shift kiri

3.      Opertor Relasi

Untuk membandingkan dua nilai, java memiliki kumpulan operator relasi berikut ini untuk menyatakan kesamaan dan urutan.


Operator
Artinya
==
Sama dengan
!=
Tidak sama dengan
Lebih dari
Kurang dari
>=
Lebih dari atau sama dengan
<=
Kurang dari atau sama dengan

4.      Operator Logika

Operator logika Boolean pada table ini di bawah ini   berfungsi hanya pada operator Boolean. Semua operator ini mengkombinasikan dua besaran Boolean untuk menghasilkan bearan Boolean.



Operator
Artinya
&
Logika AND
|
Logika OR
^
Logika XOR
||
Hubungan-singkat OR
&&
Hubungan-singkat AND
!
Hubungan-singkat NOT
&=
Pernyataan AND
|=
Pernyataan OR
^=
Pernyataan XOR
==
Sama dengan
!=
Tidak sama dengan
?:
Operator ternary if-then-else


Contoh Syntax dengan Menggunakan Tipe Data

A.    Tipe Data


    class contohinteger

                {

                            public static void main(string agrs[])

                            {

                            int nilai;

                            nilai = 95;

                                        System.out.println(“Nilai : “ + nilai);

                            }

                }



B.    String


    class contohstring

                {

                            public static void main(string agrs[])

                            {

                            String nama;

                                      nama = “STIKOM BALI”;

                                        System.out.println(“Nama : “ + nama);

    }

    }



C.     Contoh Penggunaan Operator



    class contohOpl

                {

                            public static void main(String agrs[])

                            {

                            String nama,nim;

                            int nilai

                          

                            nama = “Lutung Kasarung”;

                            nim = “040010350”;


                            nilai = 95;

                            nilai += 5;


                                        System.out.println(“==============”);

                                        System.out.println(“Nama    : “ + nama);

                                        System.out.println(“NIM       : “ + nim);

                                        System.out.println(“Nilai: “ + nilai);

                                        System.out.println(“==============”);

                            }

                }



       Dari contoh di atas, nilai yang akan tampil akan berubah manjadi 100. Karena, nilai 95 mengalami penambahan 5 angka. Yaitu, nilai +=5 atau  nilai = nilai+5. Output yang dihasilkan adalah :


                            ============================

                            Nama  : Lutung kasarung

                            NIM     : 040010350

                            Nilai    : 100

                            ============================



Referensi : Fajar Ardyanto

0 komentar:

Poskan Komentar