10 Sikap Menuju Sukses (Attitude)

Mengapa sebagian orang dapat dengan mudah mencapai posisi teratas di suatu perusahaan, sementara sebagian lagi sulit untuk mendapatkan promosi? Mungkinkah kepintaran, bakat, serta kekuasaan mempermudah orang-orang tertentu untuk memiliki karier yang pesat ?
Yang perlu dicermati adalah, sesungguhnya sikap seseorang merupakan factor utama keberhasilan. Sikap lebih penting dari pada IQ, pendidikan, dan factor lainnya. Orang yang berfikiran positif, hidupnya lebih sehat dan memiliki hubungan yang lebih baik dengan sesama rekan sekerja, dapat menduduki posisi yang lebih baik. Orang yang berpikiran positif pintar dalam mencari uang. Tidak perduli dari mana anda berasal atau seberapa besar bakat yang dimiliki, sikap dan kelakuan yang baik dan benar dapat mempengaruhi karier anda. Ikutilah kesepuluh sikap yang dimiliki oleh karyawan yang sukses.
1.NASIB SAYA TERGANTUNG DARI DIRI SAYA
Bila anda menghabiskan seluruh waktu dan karier untuk menunggu terjadinya suatu mukjizat, maka anda akan menunggu lama sekali dan mungkin penantian itu sia-sia belaka. Seorang profesional yang berhasil, melakukan hal-hal yang baik dan tepat agar cita-citanya terealisir. Oleh karena itu, pastikan diri anda melakukan suatu cara yang berbeda. Anda pasti akan berhasil dan berhak untuk mewujudkan impian.
2.SEGALA SESUATU MUNGKIN SAJA TERJADI
Apakah anda berfikir, tidak mungkin menduduki jabatan wakil direktur? Bila demikian halnya, maka anda memang tidak akan pernah menduduki posisi tersebut. Ingat, jika anda berfikir tidak bisa, maka anda tidak akan pernah bisa. Tetapi bila berpikir anda bisa, maka anda pasti bisa.
3.PEKERJAAN APAPUN HARUS DILAKUKAN DENGAN BAIK
Anda tidak pernah tahu saat anda diperhatikan atau dinilai. Bila anda terbiasa melakukan pekerjaan dengan baik dan benar, maka anda tidak mendapatkan kesulitan untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar. Jangan lupa, apapun yang anda lakukan, pasti diperhatikan oleh atasan.
4.MENGANGGAP PENTING SETIAP ORANG
Bila anda perlu bersikap agresif, anda pun perlu bersikap baik dengan rekan sekerja serta orang-orang yang berada di sekeliling. Apakah menurut anda tidak perlu menjalin hubungan baik dengan sekretaris atasan? Bila demikian halnya, anda keliru. Bersikaplah sopan dan ramah terhadap orang-orang di sekeliling anda. Soalnya, kita tidak pernah tahu, sikap baik itu mungkin memegang peranan penting bagi masa depan anda.
5.TIDAK TERPAKU PADA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
Bila selalu merasa bahwa pekerjaan yang anda lakukan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan, maka anda akan menghasilkan prestasi yang buruk. Mungkin pekerjaan yang anda lakukan tidak terlalu cocok bagi anda, tetapi pegawai yang sukses melakukan tugas yang diberikan kepadanya dengan sebaik-baiknya tanpa peduli dimana mereka berada.
6.MEMILIKI JEJARING YANG KUAT
Pegawai yang sukses memahami dengan baik pentingnya suatu jaringan, baik didalam maupun di luar kantor. Anda perlu bersikap proaktif untuk mengembangkan hubungan profesional. Ajak dan undang rekan sekerja untuk makan siang diluar. Sesekali, pergilah ke kafe sehabis jam kerja. Bergabunglah dengan yayasan profesional. Kembangkan jaringan profesional demi masa depan anda.
7.APA YANG DAPAT SAYA LAKUKAN
Karena anda bertanggung jawab atas nasib anda, maka sudah menjadi kewajiban untuk mencari jalan dalam memperbaiki profesionalisme anda. Bersikap suka rela dalam melakukan pekerjaan tambahan, berminat belajar sesuatu yang baru, serta bersedia pulang terlambat untuk membantu sesama rekan sekerja. Pekerja yang sukses tidak hanya bekerja terpaku pada jam kerja, tetapi juga bersedia melakukan lebih agar dirinya terlihat. 
8.KEGAGALAN MERUPAKAN KUNCI SUKSES
Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan dari waktu ke waktu. Perbedaan antara orang yang sukses dan orang yang gagal adalah dari bagaimana mereka menghadapi kegagalan yang dialami. Pegawai yang sukses selalu belajar dari kesalahan yang mereka lakukan dan tetap maju.
9.PERHATIKAN KEMAMPUAN
Apakah anda menunggu sampai seseorang melihat bakat dan kemampuan anda ? Mungkin sudah saatnya memperlihatkan kemampuan anda. Katakan keberhasilan anda dan apa yang telah anda lakukan bagi perusahaan. Pegawai yang sukses mengerti cara memperlihatkan keberhasilan mereka tanpa terkesan sombong.
10.TIDAK PERNAH BERHENTI MENCARI PELUANG
Tentu saja ada saat dimana anda puas dengan pekerjaan yang sedang anda geluti. Tetapi jangan lupa, pegawai yang sukses selalu mencari kesempatan untuk maju dan berkembang. Pasang mata, buka telinga dan buka wawasan untuk tantangan dan kesempatan baru. Anda tidak pernah tahu, kapan akan mendapatkan sesuatu yang dapat mengubah karier anda menjadi lebih cemerlang.



Referensi : Fajar Ardyanto

0 komentar:

Posting Komentar