Sejarah Dan Latar Belakang Batik

Sejarah Batik
Batik asal-usul sebenarnya masih misteri. Kata 'batik' telah diterjemahkan berarti 'ke titik'. Beberapa diterjemahkan sebagai 'menulis lilin' atau 'menggambar dengan garis patah'.
Ini adalah bentuk seni yang sangat tua, sebagai bukti awal batik telah ditemukan di Timur Tengah, Mesir, Peru, Jepang, Turkistan Timur, Eropa, serta Asia Tengah (India dan Cina) sejauh 2000 tahun yang lalu . Meskipun asal tidak pasti, batik telah mencapai ekspresi artistik tertinggi di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia dan Malaysia.
Batik pertama kali diperkenalkan ke Eropa pada abad ke-17 ketika Belanda, yang menjajah Jawa, Indonesia, memperkenalkan bentuk seni ini ke bagian dunia.



Apa Keunikan Batik ?
Batik adalah kain yang perlu dibuat untuk menjalani proses rumit dan berulang waxing, pencelupan dan mendidih.
Wax digunakan sebagai rata-rata warna menghalangi dalam proses pewarnaan. Setiap bagian kain yang tetap tidak tersentuh oleh warna tertentu harus ditutupi dengan lilin. Ada juga beberapa sub-proses seperti menyiapkan kain, menelusuri desain, kain peregangan pada waxing, frame daerah kain yang tidak perlu pencelupan, mempersiapkan pewarna, mencelupkan kain dalam pewarna, mendidih kain untuk menghapus lilin dan mencuci kain di sabun.
Semakin banyak warna kain batik, yang kali lebih telah melalui proses penerapan lilin, pencelupan, dan pengeringan, kemudian mengeluarkan lilin. Proses ini terjadi dalam urutan yang tepat yang akan menghasilkan pola atau angka yang diinginkan. Selain itu, urutan warna yang berlaku juga harus diikuti.
Kain batik dapat dibuat menjadi pakaian, lukisan, syal, tas, kain meja, seprei, gorden, dan barang-barang dekoratif lainnya.
Batik tradisional ini identik dengan sutra atau katun. Pengenalan kembali pewarna alami dan teknik telah memperluas ruang lingkup untuk meliputi kain yang tak terduga seperti sifon, beludru, georgette, katun dan bahan voile sebagian besar untuk pakaian fashion. Seperti untuk lukisan batik, kain yang paling sering digunakan adalah katun dan sutra. Ada berbagai jenis kain di bawah dua kategori seperti popelin, voile, rayon, sutra habotai, crepe de chine (CDC), Jacquard dan satin.



Teknik Membuat Batik 
Ini umumnya dapat dibagi menjadi 3 jenis:
a) Canting (tjanting atau tulis)
Ini melibatkan menguraikan desain menggunakan canting, pena logam alat diisi dengan lilin panas.Warna kemudian dicat pada kain dan proses waxing, pencelupan dan mendidih akan diikuti sampai hasil yang diinginkan diperoleh. Proses dapat memakan waktu hingga berminggu-minggu tergantung pada kerumitan pola, yang mengapa tangan dicat batik sangat dihargai.
b) Cap (pencetakan blok)
Ini melibatkan aplikasi dari lilin langsung ke kain menggunakan timah solder atau tembaga
blok strip terkesan dengan desain tertentu. Blok, atau "memotong", ditempatkan ke lilin panas dan kemudian tangan dicap ke kain. Ketika lilin kering kain dicelup. Kemudian lilin dihapus dan pola yang terlihat.
c) Benang sutera skrining (sablon)
Layar yang berbeda yang digunakan sesuai dengan warna dan pola yang diinginkan. Lilin diterapkan ke kain menggunakan layar. Metode pencetakan biasanya digunakan dalam produksi massal batik untuk penggunaan komersial.



Batik Merupakan Seni 
Dari sebuah kerajinan, batik telah memperoleh status seni. Batik adalah medium serbaguna yang dapat menjadi hobi yang ideal untuk seorang amatir atau media ekspresi bagi seniman. Batik sebagai bentuk seni yang cukup spontan dan satu dapat membuka pandangan baru dari bentuk kreatif.Sampai saat ini batik dibuat untuk gaun dan pakaian disesuaikan saja, tetapi batik modern adalah lebih hidup dan cerah dalam bentuk mural, hiasan dinding, lukisan, linen rumah tangga, dan syal. Jika digunakan dengan benar, batik bisa membuat rumah atau kantor Anda yang unik dan mengundang.Batik akan disimpan dalam bersih, rapi lingkungan, rapi, dan teratur menyapu dalam proses pengumpulan dan pemeliharaan.
Lukisan batik telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir di Barat. Lukisan ini biasanya diproduksi menggunakan teknik canting. Hal ini telah menjadi bentuk seni yang sangat dicapai. Seperti lukisan minyak, masing-masing lukisan Batik adalah sebuah karya seni yang unik khas.
Karena digunakan sebagai item dinding dekoratif untuk rumah dan kantor, lukisan-lukisan batik bisa lebih ditingkatkan dengan menggunakan
a) Bingkai terbuat dari kayu dan rotan
b) Kayu-crafted gantungan
c) Cahaya kotak
d) lembar hias yang terbuat dari Perspex atau kaca
e) Gulungan


semoga bermanfaat bagi kita semua dan jagalah kesenian kita (Indonesia). Jangan Sampai Di Klaim Negara Tetangga !!! oke ? :)


Referensi : Fajar Ardyanto

0 komentar:

Posting Komentar